thoughts

menjadi ibu

54281be1531e6befadcb443c01c88d34

*gambar diambil dari sini

 

Menjadi ibu adalah hal terbaik yang pernah terjadi di hidup saya. Saat Aura lahir, saya seneng banget. SE NENG BA NGET! Ya, walaupun saat Aura baru lahir dan diletakkan di atas dada saya buat IMD, saya gak meneteskan airmata bahagia seperti para ibu di layar kaca itu pada umumnya. Saya masih inget waktu itu gimana mau konsen ngeliatin muka bayi saya, yang ada saya berusaha nahan rasa mual pengen muntah gara-gara nervous dan takut dioperasi. Alhasil beberapa saat setelah Aura diambil lagi dari dada saya dan dibawa sama suster untuk dibersihkan, saya pun muntah dua kali, bahkan dalam kondisi perut masih ‘diobok-obok’ sama dokter. Tapi tetep, saya seneng banget jadi ibu.

Pertama kalinya saya terharu ngeliatin bayi saya adalah saat kami berdua ada di ruang pemulihan setelah operasi. Saya yang masih terbungkus penghangat karena menggigil hebat setelah operasi berusaha mencari-cari Aura di sekeliling ruangan dengan kedua mata saya. Sampai akhirnya saya ngeliat seorang bayi kecil yang juga sedang dihangatkan dalam kotak kaca berjarak beberapa puluh meter dari tempat saya berbaring. Saat itulah saya baru benar-benar mandangin dia, rasanya gak percaya kalo saya udah punya anak. Saya sibuk ngomong sendiri dalem hati “Itu anak lo, Ta, itu yang ada dalem perut lo selama ini..” even sampai detik ini pun saya kadang masih suka ngomong begitu dalem hati tiap mandangin Aura.

Hari-hari pertama setelah melahirkan semua masih berjalan smooth karena banyak yang nolongin di rumah. Ada mama saya dan juga mertua yang ikut nemenin dan bantu ngurusin saya dan Aura. Meskipun begitu tanpa saya sadari baby blues mulai muncul. Dimulai dari masa-masa awal menyusui yang bener-bener menyiksa buat saya. My nipples hurt so bad. Tiap Aura nangis minta nenen saya bener-bener stres, langsung kebayang sakitnya. It’s so painful. Saya kira nyusuin itu gampang, tinggal sodorin payudara ke bayi aja udah beres. Ternyata lebih sakit daripada melahirkan.Tapi saya tetep nyusuin Aura walau dengan meringis bahkan menangis menahan sakit.

Di minggu kelima atau sekitar 40hari setelah melahirkan, rasa sakit saat menyusui itu berangsur-angsur membaik. Rasanya sih bukan jadi gak sakit lagi ya, tapi lebih ke udah kebal aja gitu kayanya sama rasa sakitnya. Atau mungkin puting saya yang sudah mulai beradaptasi dengan tugas barunya. Selanjutnya perjalanan menyusui yang penuh ups and downs bakal saya ceritain sendiri deh di postingan yang lain.

Beres menyesuaikan diri sama menyusui muncul masalah baru, berat badan. Di usia 5bulan menuju ke 6bulan berat badan Aura naik cuma dikit. Dokter anaknya nyaranin buat MPASI dini karena menurut dokter produksi ASI saya kurang memenuhi kebutuhan ASI harian anak saya, tapi saya menolak. Saya tetep bertahan buat ngasi Aura MPASI di bulan ke 6. Setelah mulai MPASI di usia 6bulan pun Aura nggak langsung makan dengan lahap dan bahagia. Di saat saya kejar-kejaran sama berat badannya yang mepet di garis kuning grafik, Aura susah banget makannya. Lebih sering dilepeh atau malah diemut aja gitu sampe-sampe buat ngabisin semangkok bubur bayi bisa 2jam sendiri. Itu juga gak pernah habis. Saya bener-bener upset waktu itu, galau berat. Kalah deh sama rasanya diputusin pacar pas lagi sayang-sayangnya. Tiap ke DSA selalu dibilang “ini berat badan anaknya kurang ya Bu,,” sampe bosen. Belum lagi omongan orang yang seakan-akan saya gak ngasi makan anak saya. Saya jadi suka banding-bandingin postur Aura dengan anak-anak lainnya tanpa sadar. Untungnya ga beda jauh-jauh amatlah, karena tinggi badannya Aura ga bermasalah. She’s literally tumbuh ke atas gak ke samping. Dan yang bikin saya tenang lagi adalah karena perkembangan motorik kasar dan halusnya sangat baik. Semua milestone perkembangan tercapai bahkan sebelum usianya.

Hari demi hari berlalu, dan saya yang clueless ini pun mulai bisa mengikuti ritmenya menjadi ibu. Pelan-pelan rasa jetlag menjadi ibu itu mulai hilang. Apalagi saya ngurusin Aura sendirian. Saya emang tipe ibu-ibu yang parnoan, gak percaya aja rasanya nyerahin anak buat diurusin sama orang lain. Sama mama sendiri atau mertua aja saya gak bisa, apalagi sama orang lain, nggak deh. Ya resikonya saya harus 24jam ada buat Aura, ngurusin Aura. Dadah-dadah deh sama impian S3 di Eropa atau jadi IS Auditor handal dengan karir cemerlang. Bukannya saya peduli sama omongan orang-orang semacam “gak sayang ya udah capek-capek S2 tapi di rumah aja?” atau bahkan “aduh sini deh gue pinjem aja ijazah lo daripada gak kepake..” Nope, i don’t give a shit. Yang bikin saya suka ngerasa ngenes sendiri adalah karena saya harus menunda mimpi-mimpi saya. It’s not okay, but I’ll deal with it. Mimpi-mimpi saya bisa menunggu, tapi golden age anak saya gak akan bisa diulang.

Menjadi ibu itu ngajarin saya banyak hal. Ngajarin saya untuk pasrah sama takdir yang udah Allah gariskan, ngajarin untuk nahan emosi dan memilah kata, ngajarin untuk jadi lebih kreatif, ngajarin untuk mikir panjang sebelum ngelakuin sesuatu, ngajarin untuk menghormati pilihan dan cara hidup orang lain, dan banyak hal lainnya. Jadi ibu bikin saya pengen selalu berusaha jadi orang yang lebih baik di setiap harinya. Gak semua yang saya lakuin itu bener dalam merawat, membesarkan, dan mendidik Aura. Tapi yang saya tau, apapun yang saya lakuin buat dia, semuanya itu adalah usaha saya yang paling maksimal. Semoga saya bisa jadi contoh yang baik buat Aura. Dan semoga saya bisa bikin Aura bangga jadi anak saya. Seperti saya yang selalu bangga jadi ibunya Aura.

One thought on “menjadi ibu

Leave a comment